Support
Support
XL Tunai : Mobile Payment Untuk E-Commerce
Isu payment gateway memang masih menjadi isu yang strategis dalam industri e-commerce Indonesia. Hal tersebut dikarenakan masalah ini sangat terkait dengan trust customer terhadap pelaku e-commerce, terutama perusahaan. Idealnya, jika perusahaan e-commerce bisa memberikan kemudahan, fleksibilitas, dan keamanan dalam masalah payment, otomatis trust dari customer akan muncul dengan sendirinya.
Saat talkshow “Kamis Commerce” 28 Februari 2013 lalu, Yessie D. Yosetya, Senior GM of M Finance, Digital Service, PT XL Axiata, mengungkapkan bahwa saat ini pelaku e-commerce perlu dan penting untuk membuat platform mobile dalam payment di e-commerce. Menurutnya, penetrasi internet yang besar yang dilakukan masyarakat Indonesia melalui perangkat mobile-nya menjadi alasannya.
“70 persen dari penetrasi internet di Indonesia itu dilakukan dari mobile. Jadi e-commerce juga perlu untuk menyiapkan platform di mobile,” ujarnya. Ia juga menambahkan untuk membuat masyarakat percaya dengan e-commerce, perlu edukasi yang berkesinambungan. “Edukasi harus terus dilakukan ke masyarakat, agar mereka percaya bahwa industri e-commerce kita dapat dipercaya,” pungkasnya.
Selain itu, masalah payment juga sangat mempengaruhi trust masyarakat dan juga tentu penjualan itu sendiri. Menurut Yessie, penting bagi perusahaan e-commerce untuk memberikan payment gateway yang easy to use, secure, dan access to detail transaction. Dengan begitu customer akan merasa nyaman dalam bertransaksi, karena diberi kemudahan dan terpercaya. Dan hal itu dapat membuat customer yang tadinya hanya melihat-lihat untuk membeli.
“Payment itu penting, karena bisa mengkonversikan dari customer yang tadinya hanya lihat-lihat saja atau membanding-bandingkan harga menjadi beli,” jelas Yessie. Untuk itu Yessie menambahkan pelaku e-commerce harus juga melihat faktor customer dalam menentukan payment gateway yang akan disediakan.
Produk XL yang baru, yaitu XL Tunai mencoba menjawab tantangan tersebut. XL tunai dibuat didasarkan pada “hanya ada 44 persen orang Indonesia yang memiliki akun di bank. XL Tunai hadir untuk mengakomodir dan mengambil peluang calon customer yang tidak memiliki akun bank dan kredit car,” papar Yessie.
Melalui XL Tunai ini PT XL Axiata juga bertujuan untuk membantu program pemerintah untuk mewujudkan Less Cash Society. “Pemerintah ingin mewujudkan program itu, karena untuk biaya cetak uang dan distribusinya memerlukan biaya yang mahal. Dengan program itu tentu bisa meminimalisirnya,” jelasnya.
translation-not-found[latest_article_public]