Support

translation-not-found[author]

Admin

admin

Webinar Harkonas Kemendag

Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443H, masyarakat berbondong-bondong untuk berbelanja mulai dari pakaian baru, kue kering dan berbagai kebutuhan lainnya. Di era yang serba digital ini, berbelanja keperluan lebaran tak lagi harus berdesak-desakan di pusat perbelanjaan; semua bisa dilakukan dalam genggaman dengan adanya platform online marketplace. Agar masyarakat dapat berbelanja dan memanfaatkan kemudahan yang diberikan oleh platform belanja online secara bijak, pada Selasa 19 April 2022 Kemeterian Perdagangan menggelar Webinar bertajuk “Pemberdayaan Konsumen: Bijak Berbelanja Online dalam Menyambut Hari Raya”. Dalam Webinar tersebut, Ketua Umum idEA Bima Laga hadir sebagai narasumber.

Dalam paparannya, Bima menyampaikan beberapa poin yang perlu diperhatikan oleh konsumen agar bijak dan tidak merugi ketika berbelanja secara daring untuk keperluan hari raya. Yang paling utama, konsumen perlu memahami tahapan belanja online, mulai dari memilih produk, pembayaran hingga menerima barang. Agar tidak merugi, konsumen juga perlu memeriksa kredibilitas penjual dengan melihat rating toko dan ulasan dari pembeli sebelumnya. Konsumen juga perlu memahami hak dan kewajibannya, agar pengalaman belanja online menjadi menyenangkan untuk semua pihak. Lanjut Bima, platform online marketplace, utamanya yang telah menjadi anggota idEA, memiliki tanggungjawab untuk memberikan edukasi kepada konsumen agar dapat menjadi konsumen yang pintar dan bijak. idEA selaku Asosiasi siap bekerjasama dan mendukung upaya edukasi tersebut.