Support

translation-not-found[author]

Admin

admin

Sosialisasi Peraturan BPOM Nomor 32 Tahun 2021 tentang Pengawasan Periklanan Kosmetika dan Peraturan BPOM Nomor 3 Tahun 2022 tentang Persyaratan Teknis Klaim Kosmetika

Selasa 1 Maret lalu, Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia mengadakan Sosialisasi Peraturan BPOM Nomor 32 Tahun 2021 tentang Pengawasan Periklanan Kosmetika dan Peraturan BPOM Nomor 3 Tahun 2022 tentang Persyaratan Teknis Klaim Kosmetika. Peraturan ini dirancang untuk memastikan keamanan, kemanfaatan dan mutu kosmetika bagi masyarakat, serta mencegah adanya produk kosmetika yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan membuat klaim menyesatkan atau berlebihan beredar di pasaran.

Peraturan ini mengatur persyaratan, tata cara, pemeran iklan, keterangan peringatan yang wajib dicantumkan pada iklan produk-produk kosmetika tertentu, hingga sanksi administratif yang akan diberlakukan jika pelaku usaha kedapatan melanggar aturan periklanan dan klaim kosmetika yang berlaku. Sejak resmi diundangkan pada Desember 2021, pelaku usaha wajib menyesuaikan dengan ketentuan dalam peraturan baru ini paling lambat 6 bulan terhitung sejak peraturan diundangkan, yaitu 13 Juni 2022. Perusahaan anggota idEA yang memproduksi dan atau mengiklankan produk kosmetika dihimbau untuk segera menyesuaikan dengan peraturan yang baru untuk menghindari adanya sanksi dan teguran.