Support
Support

Pola Bisnis E-Commerce selalu Sustainable, Bagaimana Mewujudkan Customer Loyality?
Optimalisasi dalam berbagai bidang dalam sebuah perusahaan, dilakukan antara lain oleh, SEO dan sosmed yang bertugas untuk menekan tugas marketing yang paling penting. Dunia e-commerce adalah dunia optimalisasi, karena tidak ada yang major dalam dunia e-commerce yang mampu bertahan lama, karena semua point penting bisa berubah grade-nya. Untuk mendukung optimalisasi, kita harus punya data yang mendukung diversifikasi trend yang ada.
Pendalaman materi dalam dunia e-commerce ditemukan benang merah antara visi dan misi perusahaan, karena memang mendasar yang sifatnya penting. Namun yang paling penting dari progress tersebut adalah eksekusi terhadap produk dan kecepatan pelayanan.
Hal yang penting memulai bisnis e-commerce, adalah me-launching website dalam kondisi 40% dari final proses. Melalui soft launching, akan terlihat result measurement agar mampu mengenal kekurangan website. Melalui interface yang cocok, akses yang cepat, dan komposisi warna seperti apa yang cocok dengan pengunjung akan terekam trafic-nya, warna mana yang lebih banyak record trafic-nya.
Dalam website yang telah di soft launching diberikan treatment learn faster, dengan menyebar kuestioner, kepada calon customer (pengunjung) web. Kuestioner itu mungkin berisi mengapa pengunjung web tidak melakukan transaksi, kapan waktu terbaik berbelanja, dan kapan melakukan yang terbaik. Melalui cara ini diharapkan mampu mendeteksi secara dini problem yang terjadi. Hal ini bisa di follow up, sebelum dilakukan grand launching.
Hal penting kedua adalah diversifikasi people pada masing-masing bidang. Tidak mungkin seseorang merangkap beberapa pekerjaan yang penting dalam perdagangan retail, seperti bagian gudang, seperti web contain, atau seorang kurir, tidak mungkin dilakukan oleh satu orang. Development yang paling penting adalah people management. Melalui people management menjadi mudah jika kita temukan orang dengan skill yang tepat. Seperti pentingnya web contain, harus dilakukan oleh orang-orang yang berkompeten dengan skill dan packaging produk yang baik.
Sebuah riset, dimana sebuah produk pakaian, satu produk dikenakan oleh model dari foreign people dan local people. Kedua model menggunakan produk, gaya, lokasi, angle gambar dan harga yang sama. Pertanyaannya berapa banyak produk yang terjual? Jawabannya, produk yang sama dengan model foreign people terjual 3x lebih banyak dari model local people. Imaging dalam web contain menjadi penting dan diperhatikan oleh customer. Bahkan customer tidak pernah memegang atau mengetahui produk tersebut sebelumnya.
Faktor selanjutnya adalah operation, dalam yakni inbound dan outbound. Hal ini menjadi penting, dengan membedakan people yang bertanggungjawab disitu, akan mempermudah business process terutama dalam justifikasi produk agar mampu ke tangan customer secara cepat. Jika barang yang dipesan stoknya kosong, bisa segera mencari supplier lain, agar mampu tetap menjual.
Engagement merupakan faktor agar produk bisa sampai kepada pikiran customer. Dalam hal ini memerlukan peran digital marketing, SEO, sosial media dan mobile advertising. Salah satu kelebihan dalam bisnis e-commerce ini, kita mampu melihat traffic yang masuk, siapa saja yang melihat produk dan siapa saja yang melakukan pembelian. Data traffic ini kemudian mampu dianalisa akan habit seorang customer, kapan dia melihat produk, seberapa lama waktu justifikasi dan kapan waktu memutuskan berbelanjanya.
Kajian data dapat diperoleh dari web analytic, melalui software google analytic. Disitu akan menyajikan data pengunjung web. Melalui seorang web analytic, kita bisa mengetahui siapa saja pengunjungnya, berapa umurnya, apa kebutuhan produknya. Setiap tahapan dalam bisnis e-commerce mempunyai tahapan masing-masing, dengan cara me-review SOP setiap orang yang bertugas di bagiannya. Jika belum berhasil lakukan review atas kegagalan dan carilah jalan keluarnya. Business e-commerce selalu sustainable, keberhasilan hari ini belum tentu besok dengan cara yang sama akan menghasilkan hasil yang sama.
Penjualan memang penting, namun yang harus lebih diperhatikan adalah key performance indicator (KPI). KPI diharapkan membantu memperjelas keberhasilan pekerjaan oleh people dalam business e-commerce. Sebab apa mereka membuka contain website dan akhirnya membeli produk. Tiap item yang terjual, tidak semata-mata memberikan keuntungan. Namun, keuntungan, baru didapatkan ketika pembelian kedua dan ketiga. Sedangkan keuntungan pembelian pertama untuk cost operasional website. Cara yang tepat antara lain dengan melakukan ucapan selamat ulang tahun kepada pengunjung website, seraya menawarkan produk-produk yang sesuai dengan customer atau calon customer.
translation-not-found[latest_article_public]