Support

translation-not-found[author]

Admin

admin

Penelitian Konsumen Industri E-Commerce Indonesia Siapakah Pilihan Konsumen Indonesia?

Dengan jumlah penduduk lebih dari 250 juta jiwa, Indonesia tentu merupakan pasar yang sangat besar dan sangat potensial untuk dibidik. Struktur dan populasi Indonesia sekarang didominasi oleh generasi digital, yaitu generasi Y dan generasi Z (usia dibawah 35 tahun), dengan jumlah sekitar 135 juta dari total populasi.

Generasi ini merupakan target potensial bisnis e-commerce. Karakteristik utama para generasi digital ini adalah kemampuan dan consumption habit  dalam menggunakan perangkat teknologi dan kemampuan adaptasi mereka terhadap perkembangan teknologi dan internet.


IDEA +  SWA +  MARS
Mengambil inisiatif untuk melakukan penelitian terhadap pasar e-commerce di Indonesia sekaligus menyelenggarakan penghargaan & seminar dengan tajuk Indonesia E-Commerce Award 2016.

Hal ini dinilai sebagai langkah strategis untuk membantu para pelaku bisnis dalam memahami dan mengumpulkan informasi yang akurat, sekaligus bentuk apresiasi terhadap industri.

Untuk start-up dan industri lain yang terkait, penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi untuk menentukan langkah dalam proses market entry.

Tujuan Penelitian dan pemberian penghargaan / Award
Secara lebih spesifik, hal-hal yang ingin dicapai dalam penelitian - seminar - publikasi - dan penghargaan ini adalah:

  1. Mengukur market size bisnis e-commerce di Indonesia saat ini dan seberapa besar potensi pasarnya untuk kedepan.
  2. Mengetahui persepsi, pemahaman, dan kesiapan konsumen Indonesia terhadap bisnis e-commerce serta transaksi ataupun belanja online.
  3. Mengetahui kebutuhan dan perilaku konsumen Indonesia dalam berbelanja dan bertransaksi secara online.
  4. Menyediakan dan memberikan informasikan terkait bisnis e-commerce kepada para pelaku bisnis, konsumen, dan industri yang terkait.
  5. Memberikan apresiasi kepada para pelaku bisnis e-commerce agar terus melakukan inovasi dalam mengembangkan bisnis dan mengelola bisnisnya.

Metodologi Penelitian
Penelitian ini dilakukan melalui descriptive research, yaitu dengan wawancara tatap muka melalui kuesioner terstruktur. Responden dalam penelitian ini adalah penduduk Indonesia usia 13-55 tahun dari segmen kelas ABC (rumah tangga dengan pengeluaran rutin per bulan mulai Rp 1.500.000) yang memiliki koneksi internet dan penelitian berlangsung dari bulan Mei s.d Juni 2016.

Metode sampling dalam penelitian ini adalah dengan multistage random sampling untuk mengukur hal-hal terkait populasi (market size, market share, dan lain-lain) dan purposive sampling untuk mengetahui hal-hal khusus, seperti perilaku belanja dan perilaku transaksi.

Area dan Ukuran Sample
Penelitian ini dilakukan di 8 kota di Indonesia dengan jumlah sample tiap kota sebagai berikut, yaitu :

Penghargaan kepada

  1. Situs Belanja Online kategori C2C
  2. Situs Belanja Online kategori B2C
  3. Jasa Pengiriman
  4. Hotel Online
  5. Tiket Online
  6. Iklan Baris Barang Bekas Online
  7. Iklan Baris Properti Online
  8. Situs Pembanding Harga
  9. Toko Buku Online
  10. Toko Elektronik Online
  11. Alat Tulis Kantor Online
  12. Fashion Wanita Online
  13. Fashion Pria Online
  14. Apps Langanan Musik Online

 

Jadwal Acara
Kamis | 1 Desember 2016
Exodus
Kuningan City Mall
15.30 s.d 21.00

Member idEA gratis masuk seminar dan award hanya untuk 1 orang, Daftar melalui http://www.kamiscommerce.info/

Jenis award

 


TRUSTED PLATINUM BRAND Indonesia Consumer Choice.
Top of Mind, Brand Used Most Often, Trust,  Satisfaction, and Recommendation from Indonesian Consumer



TRUSTED GOLD BRAND Indonesia Consumer Choice.
Top of Mind, Brand Used Most Often, Trust,  Satisfaction, and Recommendation from Indonesian Consumer