Support

translation-not-found[author]

Admin

admin

Metode Pembayaran Ideal Untuk E-Commerce Indonesia

Atmosfer perkembangan e-commerce di Indonesia memang sedang sangat baik. Hal itu tidak hanya terlihat dari banyaknya pelaku e-commerce yang muncul, tapi juga terus meningkatnya transaksi e-commerce tiap tahunnya. Sudah bukan rahasia lagi jika belanja online di Indonesia sedang digemari saat ini. Mulai dari barang fashion, elektronik, hingga peralatan rumah tangga, masyarakat Indonesia mulai beli via online.

Fakta ini tentunya menjadi sinyalemen yang bagus untuk para pelaku e-commerce di Indonesia. Mereka pun dituntut untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan, mengingat masih saja ada kasus penipuan atau fraud yang terjadi. Salah satu isu hangat yang masih mengemuka di dunia e-commerce Indonesia adalah masalah metode pembayaran. Isu ini cukup krusial, mengingat jika kita menginginkan yang ideal tentu metode pembayaran via kartu kredit adalah yang utama di dunia cashless saat ini.

Berdasarkan survey terakhir, dilansir dari dailysocial.net, ternyata jumlah pembeli online dunia termasuk Indonesia yang menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayaran memang telah menjadi mayoritas. Survey yang dilakukan Visa tersebut lewat laporan Global Payment Tracker (GPT) 2012 menunjukkan bahwa di berbagai titik tempat transaksi (point of sales) terdapat 57% transaksi yang menggunakan kartu debit dan 83% yang menggunakan kartu kredit. Di sisi lain, pembayaran transaksi e-commerce masih banyak yang menggunakan metode manual, termasuk cash on delivery (COD).

Berdasarkan laporan tersebut tentu dapat kita lihat bagaimana masalah kepercayaan konsumen terhadap e-commerce masih ada. Hal tersebut diungkapkan oleh CEO Lazada Asia Tenggara Maximillian Bittner dalam ajang Google Think 2013. Menurutnya, transaksi online dan offline memang ada perbedaan yang mendasar, yaitu lewat transaksi offline konsumen dapat melihat secara langsung barang yang dibeli, sementara transaksi online sebaliknya. ” Di sini berarti PR yang berat masih harus dilakukan oleh penggiat e-commerce dan penyedia layanan marketplace untuk mendapatkan kepercayaan penuh dari konsumennya,” ujarnya.

Lalu metode pembayaran seperti apa yang ideal untuk e-commerce Indonesia saat ini?. Ada dua metode yang sesungguhnya bisa menjadi solusi buat konsumen e-commerce Indonesia, yaitu IPAYMU (yang juga telah menjadi partner Paypal dan e-wallet yang sedang digalakkan oleh operator telekomunikasi (yang jumlah total pelanggannya lebih banyak dari total nasabah bank). Jadi, lewat kedua metode pembayaran ini transaksi e-commerce yang terjadi di Indonesia menjadi benar-benar transaksi online.

Sumber dari: http://dailysocial.net/post/e-commerce-dan-metode-pembayaran-yang-pas-di-indonesia