Support

translation-not-found[author]

Admin

admin

Koordinasi Peningkatan Penetrasi Produk Dalam Negeri dan Daya Saing UMKM di E-Commerce

Kementerian Perdagangan melalui Direktorat PMSEPJ pada 16 Januari 2025 menyelenggarakan dialog koordinasi antara perwakilan UMKM, marketplace, dan Kementerian UKM guna membahas terkait hambatan bagi daya saing UMKM. Terdapat beberapa aspek yang menjadi catatan dari pemerintah, yaitu kurangnya literasi digital, kendala sertifikasi produk, hingga platform fee yang dianggap memberatkan bagi pelaku UMKM. Kementerian Perdagangan dan Kementerian UKM selaku regulator akan mencoba untuk merumuskan kebijakan guna menangani permasalahan tersebut. Meski demikian, pemerintah juga mengharapkan dukungan dari platform ecommerce, yang salah satunya dengan melalui penurunan platform fee bagi pelaku usaha.

Di sisi lain, Kementerian Perdagangan juga berencana untuk lebih menggalakkan kembali sejumlah campaign dengan tujuan untuk mendorong penjualan produk dalam negeri. Upaya tersebut rencananya akan memanfaatkan sejumlah momentum event di tahun ini, seperti perayaan Tahun Baru Imlek, Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, hingga momen liburan sekolah, dan sebagainya, yang pada puncaknya nanti akan berakhir di Hari Belanja Online (Harbolnas) Tahun 2025.